Kesehatan

Kesehatan

MediaMU.COM

Jun 22, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
RS PKU Bantul Raih Penghargaan RS Swasta Terbaik Program Penanggulangan Tuberkulosis Oleh Dinkes DIY Inilah Manfaat Bekam dalam Meningkatkan Imunitas Tubuh Tempuh Jarak Hingga 20 Km, Kurir Pos Indonesia Siap Antar Obat RS PKU Yogya ke Pasien Antar Obat ke Pasien, RS PKU Muhammadiyah Yogya Luncurkan FAST MENTARI Clubfoot: Upaya MPKU PP Muhammadiyah Optimalkan Penyembuhan Kaki Pengkor Seminar Cegah Stunting RS PKU Yogya: Berat Bayi Rendah Harus Diperhatikan Kopdar AmbulanMu DIY: Wadah Silaturahmi dan Menguji Kecakapan Relawan Milad ke-111 Muhammadiyah, RS PKU Muhammadiyah Sleman Dilaunching RS PKU Kota Yogya Adakan Jalan Sehat, Kampanyekan Risiko Kelahiran Prematur   PDM Langkat Gandeng Berbagai Pihak Selenggarakan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan Sehat dalam Genggaman Tangan Kecil dari RS PKU Muhammadiyah Bantul Atasi Stunting, KL Lazismu Kotagede Gandeng Puskesmas dan BKKBN DIY RSU PKU Muhammadiyah Bantul Mampu Bersaing Secara Nasional dan Internasional Pastikan Penanganan Cedera Atlet Benar, LPO PP Muhammadiyah Adakan Workshop Penanganan Cedera Olahraga Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia, RS PKU Bantul Gelar Lomba Cuci Tangan dan Ice Breaking Tim EMT PKU Muhammadiyah Bantul Berlatih Penanganan Bencana Gempa Bumi Layanan Kesehatan Gratis Jadi Kontribusi Kongkret Mahasiswa tarjih Muhammadiyah Pada Masyarakat Gandeng Kemenkes RI, PP Muhammadiyah Mulai Program Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan Generasi Muhammadiyah UAD Juara Pertama PCTA 2018 Kementerian Pertahanan RI Tapak Suci UAD Yogyakarta Selalu Meraih Juara

LazisMu PKU Jogja-Gamping Tebar Kado Ramadan & THR untuk Warga Dhuafa

SLEMAN – Jelang Hari Raya Idulfitri 1444 H, LazisMu Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping melakukan pentasyarufan zakat dokter kepada warga dhuafa sekitar rumah sakit. Pentasyarufan dilaksanakan bersama dengan acara buka bersama, pada hari Sabtu (15/4) di Selasar RS PKU Muhammadiyah Gamping dan dihadiri sekitar 600 warga penerima zakat.

Dalam pentasyarufan ini, sejumah THR dan bingkisan Ramadan dibagikan kepada para penerima. Jumlah bingkisan yang dibagikan sebanyak 691 paket beserta THR sebanyak 921 amplop, sehingga totalnya mencapai 1.612 buah. Sasaran program meliputi warga dhuafa, pedagang kakilima, juru parkir, tukang becak, sopir taksi, petugas makam, tim rukti jenazah, relawan AmbulanMu dan karyawan outsourcing di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping.

Kepala Kantor Layanan LazisMu RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping, Alfis Khoirul Khisholi, S.Kom.I, M.Si, total dana program pentasyarufan ini sebesar Rp 251,2 juta. Adapun untuk program tebar bingkisan Lebaran dan THR serapan program trisemester awal Januari-Maret 2023 sebesar Rp 311,7 juta.

Sedangkan, dana Zakat, Infak dan Shadaqah (ZIS) dalam triwulan pertama tahun 2023 yang telah ditasyarufkan sebesar Rp 155,5 juta untuk kesehatan, Rp 66,8 juta (sosial-dakwah), Rp 23,4 juta (pendidikan) dan Rp 66 juta (CSR kesehatan)

Alfis juga menuturkan program ini sebagai sarana untuk menjalin silaturrahim antara RS PKU Muhammadiyah dengan warga sekitar yang kurang mampu dan menunjukkan peran Amal Usaha Muhammadiyah tidak hanya sekadar sebagai usaha saja.

“Tetapi juga menunjukkan sisi sosial dari amal usaha itu sendiri dengan mengembangkan dan memberdayakan lingkungan sekitar rumah sakit agar berdaya bersama, sukses bersama, dan bangkit bersama,” ujar Alfis.

Menurutnya, dengan adanya program ini diharapkan keberadaan RS PKU Muhammadiyah dapat bermanfaat untuk masyarakat seluas – luasnya. “Sehingga tidak muncul ketimpangan sosial. Artinya, di sekeliling amal usaha harus ada manfaat dan masyarakat menjadi makmur sejahtera,” lanjut Alfis.

Acara pentasyarufan turut dihadiri oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY Muhammad Ikhwan Ahada, S.Ag., M.A, Wakil Ketua PWM DIY yang membidang LazisMu Prof. Dr. Ariswan, M.Si., DEA. beserta tamu undangan lainnya. Pentasyarufan ini juga menjadi bagian dari rangkaian Semarak Ramadan LazisMu RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping, setelah mengunjungi 17 klinik di bawah naungan Majelis Pembina Kesehatan Umat (MPKU) PWM DIY dan mentasyarufkan zakat dari dokter dan tenaga kesehatan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Gamping untuk memakmurkan masjid se-DIY. (*)


Wartawan: Dzikril Firmanysah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here