Kesehatan

Kesehatan

MediaMU.COM

Jul 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
RS PKU Bantul Raih Penghargaan RS Swasta Terbaik Program Penanggulangan Tuberkulosis Oleh Dinkes DIY Inilah Manfaat Bekam dalam Meningkatkan Imunitas Tubuh Tempuh Jarak Hingga 20 Km, Kurir Pos Indonesia Siap Antar Obat RS PKU Yogya ke Pasien Antar Obat ke Pasien, RS PKU Muhammadiyah Yogya Luncurkan FAST MENTARI Clubfoot: Upaya MPKU PP Muhammadiyah Optimalkan Penyembuhan Kaki Pengkor Seminar Cegah Stunting RS PKU Yogya: Berat Bayi Rendah Harus Diperhatikan Kopdar AmbulanMu DIY: Wadah Silaturahmi dan Menguji Kecakapan Relawan Milad ke-111 Muhammadiyah, RS PKU Muhammadiyah Sleman Dilaunching RS PKU Kota Yogya Adakan Jalan Sehat, Kampanyekan Risiko Kelahiran Prematur   PDM Langkat Gandeng Berbagai Pihak Selenggarakan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan Sehat dalam Genggaman Tangan Kecil dari RS PKU Muhammadiyah Bantul Atasi Stunting, KL Lazismu Kotagede Gandeng Puskesmas dan BKKBN DIY RSU PKU Muhammadiyah Bantul Mampu Bersaing Secara Nasional dan Internasional Pastikan Penanganan Cedera Atlet Benar, LPO PP Muhammadiyah Adakan Workshop Penanganan Cedera Olahraga Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia, RS PKU Bantul Gelar Lomba Cuci Tangan dan Ice Breaking Tim EMT PKU Muhammadiyah Bantul Berlatih Penanganan Bencana Gempa Bumi Layanan Kesehatan Gratis Jadi Kontribusi Kongkret Mahasiswa tarjih Muhammadiyah Pada Masyarakat Gandeng Kemenkes RI, PP Muhammadiyah Mulai Program Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan Generasi Muhammadiyah UAD Juara Pertama PCTA 2018 Kementerian Pertahanan RI Tapak Suci UAD Yogyakarta Selalu Meraih Juara

Kopdar AmbulanMu DIY: Wadah Silaturahmi dan Menguji Kecakapan Relawan

YOGYA - Event Kopdar AmbulanMu DIY kembali digelar pada Muhammadiyah Jogja Expo (MJE). Pada MJE edisi #3 ini, sekitar 107 AmbulanMu se-DIY turut berkumpul Jogja Expo Center untuk saling bersilaturahmi dan rembugan guna menjaga kebersamaan antar relawan dan driver.

Pada Kopdar ini, para relawan dan driver mendapatkan beberapa arahan dari Ditlantas Polda D.I. Yogyakarta. Salah satunya, standar - standar seperti harus menyalakan lampu. Serta bagaimana ketika mengemudi harus sehat, kemudian ketika perempatan harus mengurangi kecepatannya agar tidak terjadi kecelakaan, sekalipun menjadi prioritas.

“Sekali lagi, ambulans itu adalah prioritas kedua setelah pemadam kebakaran. Jadi, pemadam kebakaran didahulukan terlebih dahulu, baru ambulans,” jelas AKBP Hendra Gunawan, selalu Wakil Ditlantas Polda DIY. 

Pihaknya juga akan coba untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait suara sirine. Karena selama ini masyarakat masih belum bisa membedakan suara sirine membawa orang sakit atau jenazah. Dengan sosialisasi sirine ini, orang-orang bisa membedakan mana suara sirine ambulans yang membawa orang sakit atau jenazah.

Ditlantas Polda DIY juga siap untuk berkolaborasi dengan AmbulanMu DIY sembari mengingatkan untuk senantiasa jaga keamanan dan keselamatan.

“Kepada para relawan AmbulanMu, saya berpesan agar tetap menjaga keamanan dan keselamatan, baik diri sendiri dan orang sakit. Serta dilengkapi administrasinya, jika terjadi sesuatu,” pesan AKBP Hendra.

Selain sosialisasi, kegiatan Kopdar AmbulanMu juga diisi dengan lomba-lomba menarik. Seperti kelengkapan AmbulanMu, kecakapan driver, dan cerdas cermat driver.

Seluruh relawan dan driver tampak antusias mengikuti lomba-lomba dalam Kopdar kali ini. Lomba ini juga diharapkan dapat membawa manfaat bagi relawan dan driver AmbulanMu DIY.

Misalnya, lomba kelengkapan AmbulanMu ini, sebagaimana disampaikan Ditlantas bahwa ambulans harus lengkap. Ini dilombakan agar ambulansnya yang belum lengkap akan diusahakan untuk dilengkapi, sesuai dengan aturan dan regulasi. 

Kemudian, cerdas cermat dapat mengasah pengetahuan dan ini penting untuk selalu memahami aturan yang tentu harus dibaca dan diikuti, serta dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. 

“Alhamdulillah, Kopdar AmbulanMu ini dimeriahkan dengan lomba-lomba, salah satunya kecakapan dan ketangkasan driver. Ini tentu memberikan gambaran bagaimana para relawan mengemudikan dengan tertib, tangkas dan ketika mengemudi ambulans nyawanya,” ucap Nur Ahmad Ghojali, S.Ag., M.A., Wakil Ketua PWM DIY. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here